Friday, 11 September 2015

Cara Menghapus Peringatan Malware Yang Mengarah Pada Blog ( Blogger ) Anda

Cara Menghapus Peringatan Malware Yang Mengarah Pada Blog ( Blogger ) Anda

Cara Menghapus Peringatan Malware Yang Mengarah Pada Blog ( Blogger ) Anda

Salam Blogger, Bloggingpasuruan akan memberikan info Bagaimana Cara Menghapus Peringatan Malware Yang Mengarah Pada Blog ( Blogger ) Anda. Umumnya peringatan ini muncul ketika user pengguna masuk ke situs Anda, apabila pengguna mendapati kondisi seperti ini tentunya menjadi petaka buat trafik blog Anda. Dampaknya pasti ke EARNING alias penghasilan Anda dari Blog.

Catatan: Ada 2 masalah yang cukup umum yang datang dari situs Blogger,

Yang pertama adalah pemilik blog tiba-tiba mulai melihat iklan di situs-nya padahal pemilik blog merasa tidak pernah memasangnya.

Yang kedua adalah pemilik blog tiba-tiba melihat kata-kata acak di posting ketika mengarahkan mouse pada iklan muncul. Dalam kebanyakan kasus masalah ini disebabkan oleh plugin browser nakal atau ekstensi pada komputer pemilik blog, Jika Anda mengalami salah satu dari masalah ini coba memeriksa dari komputer lain. Jika pada komputer lain tidak melihat gejala yang sama  Anda akan harus segera menonaktifkan plugin Anda, tentunya pemeriksaan ini dilakukan satu per satu ( tidak efisien ) sih tapi demi kebaikan Blog tidak ada salahnya kan ?


Cara Menghapus Peringatan Malware Yang Mengarah Pada Blog ( Blogger ) Anda

Blog yang diarahkan ke situs acak, contoh - (kunoichi.info, webhostingpunk.com, ping.blogspot-ping.com, scrapur.com, quiterandom.com, retweet.com, ibizeye.com, wallheaven.com, gelgit.tk/www.shamchat .c.la, coloncleansecompany.com, adsentra.com, chat-forum.com, YOUROWNHOSTING.COM

Saya melihat sejumlah situs Blogger yang tiba-tiba mulai mengarahkan ke salah satu domain yang tercantum di atas (dan lain-lain). Redirect biasanya disebabkan oleh panggilan script / baris kode

<script src='http://ping.blogspot-ping.com/ping.js' type='text/javascript'></script>

Atau seperti ini

<iframe src="http://gelgit.tk/iframe.htm"> </iframe>

Untuk menghapus menghentikan redirect Anda perlu menemukan dan menghapus baris kode, panggilan naskah atau iframe. Dalam beberapa kasus kode ini di letakkan pada template situs di letakkan di salah satu gadget di situs.

Jika Anda menggunakan Blogger dan untuk menemukan kode yang men-redirect blog Anda kehalaman lain ini tentunya sulit ( butuh ketelatenan ). Silahkan masuk disini untuk pencarian kode script yang mengarahkan Blog Anda ke halaman lain, cara ini sedikit lebih efisien.

Caranya adalah :

1. Setelah Anda masuk >> ketik URL blog Anda
2. Kemudian klik SCAN
3. Script MALWARE akan secara otomatis akan ditampilkan, pilih located here
4. Anda sudah menemukan script berbahaya dan saatnya HAPUS script tersebut
5. Jangan menunda untuk menghapusnya !!!

Jika Anda mengalami kesulitan mengakses / mengedit template karena redirect Anda dapat mencoba menggunakan Firefox dengan No Script add on

1. Buka Firefox, masuk  ke No Script add on dan menginstal NoScript. Ini akan mencegah redirect langsung.
2. Login ke akun Blogger Anda  >> www.blogger.com.
3. Setelah login di www.blogger.com, Anda akan melihat daftar pilihan atau alamat url
4. Klik kanan pada salah satu pilihan ( option ), akan membuka daftar pilihan, Klik NoScript, dan kemudian klik ' allow blogger.com '.
5. Anda sudah masuk pada Dashboard.

Langkah selanjutnya akan tergantung, apakah kode ini di template Anda atau di salah satu gadget Anda -

Jika berada dalam template Anda

6. Klik pada link 'More Options' dan klik 'Template
7. Klik '' Edit HTML

Contoh kode berbahaya seperti dibawah ini :


< script src='http:// ping . blogspot-ping . com/ping.js' type='text/javascript'></script>

Atau seperti ini

<script src='http:// quiterandom . com/js/domtab/domtab.js' type='text/javascript'> </script>

8. Hapus kode yang merupakan malware. Kemudian klik 'Save Template'.
Catatan : curigai setiap script java ( .js ) jika yakin malware segera hapus

Jika di salah satu gadget Anda

1. Masuk ke Layout ( tata letak )
2. Jika Anda dapat mengedit kode di gadget danmenggantinya, silahkan, jika Anda tidak dapat mengedit kode di gadget Anda, menghapus widget/gadget adalah pilihan yang amat sangat tepat !.
3. Simpan perubahan Anda
4. Hapus cache dan cookie.
5. Keluar ( sign out ) dari Blogger.


Saya mendapatkan peringatan malware ketika saya membuka situs Blogger / Blogspot.


Pertanyaan ini muncul umum pada beberapa forum di mana saya berpartisipasi. Tiba-tiba Chrome atau Firefox atau Safari memblokir akses ke blog saya dengan halaman situs serangan dilaporkan, apakah blog saya telah hacked? Jawabannya "mungkin tidak" dan “ mungkin Ya “

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa Penjelajahan Aman diagnostik Halaman untuk situs Anda disinidan masukkan URL Blog Anda.

Mudah-mudahan Anda mendapati pemberitahuan seperti ini :

What is the current listing status for your-blog-name.blogspot.com?
This site is not currently listed as suspicious.

Terjemahan : Apakah status cantuman terbaru untuk nama-blog-anda.blogspot.com?
Situs ini saat ini tidak tercantum sebagai mencurigakan.

Petanyaan selanjutnya adalah "Saya telah memeriksa Halaman Diagnostik Google untuk situs saya dan itu menunjukkan bukan kategori situs berbahaya. Tapi mengapa pengunjung Blog Anda mendapatkan halaman peringatan ketika mengakses situs Anda?

Jika pengunjung Anda mendapatkan peringatan pada satu atau lebih dari halaman situs Anda di browser seperti Chrome, Firefox atau Safari dan situs Anda tidak (belum) ditandai oleh Google itu mungkin peringatan cross-site. Chrome, Firefox dan Safari semua fitur sistem keamanan internal yang memanfaatkan Google API Malware. Jika browser seperti Chrome mendeteksi kode pada halaman Anda (script, iframe, gambar tag) yang memuat konten APAPUN dari atau redirect ke situs yang saat ini ditandai oleh Google browser akan keluar  peringatan tersebut. Peringatan itu tidak akan mengidentifikasi situs Anda akan mengidentifikasi situs yang menjadi pemilik malware, situs eksternal yang memuat konten pada halaman Anda ( artinya Blog Anda ter-infeksi MALWAERE )

Pada sebagian besar kasus yang saya temukan kode pada widget Blog Roll / Daftar isi. Kode terlihat seperti ini :

< div class='widget BlogList' id='BlogList1'>
< h2 class='title'> My Blog List< /h2>
< div class='widget-content'>
< div class='blog-list-container' id='BlogList1_container'>
< ul id='BlogList1_blogs'>
< li style='display: block;'>
< div class='blog-icon'>
< input type='hidden' value='http://www.flagged-site.com/favicon.ico'/>
< /div>
< div class='blog-content'>
< div class='blog-title'>
< a href='http://www.flagged-site.com/' target='_blank'>
Blog I would like to link to< /a>
< /div>

Baris kode yang menjadi penyebab masalah adalah < input type='hidden' value='http://www.flagged-site.com/favicon.ico'/>. Ketika halaman Blog Anda dibuka, browser mendeteksi bahwa itu memuat konten dari situs www.flagged-site.com, disini  loading halaman Anda akan di-direct ke halaman peringatan. Satu-satunya cara untuk menghapus peringatan ini adalah menghapus kode memuat konten sampai saat pemilik situs www.flagged-site.com agar dibersihkan oleh Google.

Meskipun tidak umum penyebab kedua saya lihat adalah halaman yang memuat gambar dari situs ditandai. Kode untuk memuat gambar biasanya terlihat seperti ini

<iframe src="http://flagged-site.com/file.php" width="1" height="1"> </iframe>
Atau seperti ini
<script type="text/javascript" src="http://flagged-site.com//media/system/js/script.js"> </script>

Hal yang harus dicari dalam kebanyakan kasus adalah bahwa domain http://flagged-site.com, ter-identifikasi di halaman peringatan. Dan yang terjadi dalam kasus ini, sekali lagi, salah satu situs/Blog Anda memuat konten dari ( blog lain yang mengandung Malware )
Demikian Info dari bloggingpasuruan, jika ada pertanyyan silahkan tulis pada katak komentar dibawah ini…

Semoga bermanfaat…


Thursday, 10 September 2015

Cara Mengatasi MicroSD yang tidak dapat di format

Cara Mengatasi MicroSD yang tidak dapat di format

Cara Mengatasi MicroSD yang tidak dapat di format

Salam Blogger. Mungking sering dari kita mendapat masalah dengan MICRO SD yang bermasalah tanpa tahu sebab dan cara mengatasinya.. Hal tersebut banyak dikarenakan karena user salah dalam peng-opesasian atau karena ketidak tahuan cara mengoperasikan/merawat MICRO SD yang baik dan benar. seperti secara berkala seharusnya di scan anti virus,tapi tidak dilakukan atau mencopot/eject memory tanpa prosedur yang tepat, dan masih banyak lagi yang sering dilanggar oleh pengguna berkaitan dengan kestabilan kerja micro sd yang tidak dihiraukan dan mengakibatkan kerusakan micro sd itu sendiri. Kali ini akan Saya bagikan cara untuk mengatasi memory yang tidak dapat diformat, dan hal ini membutuhkan bantuan komputer.

Hal ini pernah saya alami dan perlu waktu untuk mengetahui kesalahannya dan mencari pemecahannya. Dalam kasus yang saya alami adalah MICRO SD yang tidak dapat di FORMAT , bahkan tidak dapat menyipan file atau menghapusnya, namun masih dapat disalin/copy ke flashdisk tanpa ada kendala error pada filenya. Cara yang Saya gunakan adalah menggunakan CMD (Command Prompt ) di windows, karena jika diformat langsung dari explorer hanya muncul pemberitahuan bahwa Windows tidak dapat memformat.Saya kira hal ini banyak terjadi di antara banyak sobat blogger.

Berikut cara yang saya gunakan dalam memecahkan masalah MICRO SD yang tidak dapat di format :

1. Ambil microSD dari ponsel, dan pasang pada Card Reader.

2. Selanjutnya silahkan pasang card reader ke PC. Tunggu hingga proses baca device ( card reader anda selesai ). Jika sudah ada, silahkan lihat directory disknya. Misalnya Removable Disk (G:), atau yang lain.. pokoknya di cek’in deh

3. Setelah itu silahakan masuk ke command prompt, caranya pada windows lihat pojok kiri bawah tekan START >> RUN >> CMD lalu tekan ENTER

4. Kemudian ketik perintah seperti ini. FORMAT G:/ FS:FAT32

Catatan : hati hati pada saat men-format jangan sampai salah men-format disk drivenya… lihat yang berwarna merah, sesuaikan dengan directory disk drive micro sd anda lalu tekan ENTER, jika ada notifikasi lagi, silahkan ENTER sekali lagi dan, tunggu hingga proses format selesai. FAT32, adalah tipe yang umum digunakan pada memory ponsel. 

Yang perlu diperhatikan pada metode ini adalah mengetahui directory memory berada. terkadang bisa G, F, dan lain-lain. Jadi supaya tidak salah dalam memformat. Cara ini sama halnya memformat menggunakan diskpart yang bisa menjadi alternatif format dari windows explorer, hanya saja Saya menggunakan CMD dalam menyelesaikan masalah ini. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.


Semoga bermanfaaat dan Selamat mencoba


Wednesday, 9 September 2015

Cara Mengatasi " Invalid Security Token " Error 403 di Blogger

Cara Mengatasi " Invalid Security Token " Error 403 di Blogger


Salam Blogger, Bloggingpasuruan kali ini saya akan mengetengahkan solusi atau Cara Mengatasi “ Invalid Security Token Error 403 “ pada Blogger khususnya pada menu template Edit HTML, lihat gambar bawah

Cara Mengatasi


Terus terang saya sendiri belum tahu masalah “ Invalid Security Token Error 403 “ penyebabnya apa ? Namun saya menduga MALWARE adalah penyebab utamanya, itu dari analaisa saya sendiri. Masalah ini sebenernya keluhan dari keponakan saya. Namun saya coba bantu mencari jalan keluarnya.



Cara mengatasi masalah  Invalid Security Token Error 403 sebagai berikut :


Ketika masalah ini saya lihat, saya langsung menuju ke Google Webmastertool, dan benar saja ternyata ada masalah dengan kesehatan Web keponakan saya :


Cara Mengatasi

 1. Silahkan masuk ke Google WebmasterTools
 2. Lihat indikasi Web yang tidak normar atau tidak sehat " tanda seru merah "
 3. Silahkan Klik pada check property
 4. Kemudian klik " malware detected ? "
 5. Muncul gambar seperti di bawah ini

Cara Mengatasi


  6. Klik pada tulisan " I have fixed these issuees " lalu klik " REQUEST A REVIEW "
  7. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.


Cara Mengatasi

  8. Isikan pada kotak yang di sediakan apa yang menjadi keluhan Sobat tentang web yang terindikasi malware.

Contoh " Please review my site about malware attack issue "

9. Klik " REQUEST A REVIEW "

10. Silahkan tunggu hingga permintaan Sobat tentang review blog diproses. Nanti akan ada pemberitahuan jika BLOG Sobat sedang di review. Jika di minta untuk mengulang proses silahkan Sobat ulang hingga succes review.... Jangan kuatir ini tidak ribet !!!


Tidak berhenti dengan cara dari Webmastertools

Karena Sebab yang belum jelas, saya juga mencoba membersihkan MALWARE dengan MALWARE REMOVAL TOOL milik WINDOWS, atau jika Sobat punya anti malware yang lain bisa di coba. Hapus semua MALWARE yang terdeteksi sesegera mungkin.

Saya lakukan scan MALWARE ini kira 2 jam lebih, saya sarankan menggunakan MALWARE REMOVAL TOOL miliknya WINDOWS dan Sobat bisa mendownloadnya  DISINI.  100 % gratis.

Dan inilah hasilnya setelah 2 hari setelah riview dari Google dan scanning malware melalui Malware Removal Tool milik Windows. ...... OK NORMAL kembali masalah hilang !!!!!


 lihat gambar

Cara Mengatasi


 Catatan : Namun sesungguhnya tidak sepenuhnya WEB atau BLOG bersih dari MALWARE jika pernah terinfeksi seperti di atas. Informasi pada gambar dibawah ini adalah bukti bahwa kita seharusnya rajin memeriksa kesehatan Blog di Webmastertools


Cara Mengatasi

Silahkan HAPUS SEMUA KOMENTAR di dalam BLOG Sobat, karena tidak menutup kemungkinan USER melakukan inject MALWARE dari kolom komentar BLOG Sobat.

Semoga bermanfaat.....



Monday, 7 September 2015

Masalah “ The memory could not be written ” pada Windows dan Solusinya

Masalah “ The memory could not be written ” pada Windows dan Solusinya


Salam Blogger, Kali ini bloggingpasuruan mau berbagi info mengenai Masalah “The memory could not be written” pada Windows dan Solusinya. Jika ada yang mengalami hal serupa ketika menjalankan program windows ( starting dan muncul pesan kesalahan “The memory could not be written” .Masalah ini ada beberapa penyebab walaupun error ini adalah salah satu ciri ada kerusakan pada hardware.
Masalah “ The memory could not be written ” pada Windows dan Solusinya

Maksud dari info di atas adalah alamat memory (RAM) tertentu tidak bisa ditulisi oleh program, dan bisa jadi karena ada resiko kerusakan pada RAM atau ada file corrupt pada sistem operasi

Apa yang harus dilakukan ?

Gunakan System File Checker untuk menguji integritas system file Windows, cara ini digunakan untuk memperbaikinya apabila dideteksi adanya file yang rusak atau corrupt. Ketikkan perintah sfc /scannow pada command prompt Windows, proses verifikasi akan dilakukan oleh sisten dan tunggu sampai selesai.

Masalah “ The memory could not be written ” pada Windows dan Solusinya



Mematikan Data Execution Prevention


 (Data Execution Prevention) atau DEP adalah layanan keamanan di Windows untuk mencegah suatu program mengakses alamat memori dari program lainnya, ini mencegah adanya sabotase dan pencurian data pribadi anda. Anda bisa mencoba dengan mematikan DEP supaya perlindungan ini menjadi nonaktif.



Masalah “ The memory could not be written ” pada Windows dan Solusinya


Cara yang juga bisa di tempuh berikutnya dengan menghapus bersih seluruh atau beberapa driver yang sekiranya bermasalah, ini bisa dilakukan satu per satu atau langsung saja gunakan software Driver Sweeper untuk menghapus driver terinstall secara keseluruhan. Jika sudah dilakukan , silahkan download driver versi terbaru, ini baik dilakukan artinya Anda tidak 2x kerja.

Masalah “ The memory could not be written ” pada Windows dan Solusinya


Nah ini adalah cara terakhir, Cek RAM komputer


Solusi terakhir  adalah pengecekan  RAM apakah ada kerusakan secara fisik atau tidak, ini bisa dengan melepas salah satu modul memori yang terpasang lalu jalankan aplikasi bermasalah tadi kembali. Kalau memang ada kerusakan maka solusinya harus beli alias digantikan dengan yang baru.

Semoga bermanfaat.