Thursday, 10 September 2015

Cara Mengatasi MicroSD yang tidak dapat di format

Posted by on Thursday, 10 September 2015
Cara Mengatasi MicroSD yang tidak dapat di format

Salam Blogger. Mungking sering dari kita mendapat masalah dengan MICRO SD yang bermasalah tanpa tahu sebab dan cara mengatasinya.. Hal tersebut banyak dikarenakan karena user salah dalam peng-opesasian atau karena ketidak tahuan cara mengoperasikan/merawat MICRO SD yang baik dan benar. seperti secara berkala seharusnya di scan anti virus,tapi tidak dilakukan atau mencopot/eject memory tanpa prosedur yang tepat, dan masih banyak lagi yang sering dilanggar oleh pengguna berkaitan dengan kestabilan kerja micro sd yang tidak dihiraukan dan mengakibatkan kerusakan micro sd itu sendiri. Kali ini akan Saya bagikan cara untuk mengatasi memory yang tidak dapat diformat, dan hal ini membutuhkan bantuan komputer.

Hal ini pernah saya alami dan perlu waktu untuk mengetahui kesalahannya dan mencari pemecahannya. Dalam kasus yang saya alami adalah MICRO SD yang tidak dapat di FORMAT , bahkan tidak dapat menyipan file atau menghapusnya, namun masih dapat disalin/copy ke flashdisk tanpa ada kendala error pada filenya. Cara yang Saya gunakan adalah menggunakan CMD (Command Prompt ) di windows, karena jika diformat langsung dari explorer hanya muncul pemberitahuan bahwa Windows tidak dapat memformat.Saya kira hal ini banyak terjadi di antara banyak sobat blogger.

Berikut cara yang saya gunakan dalam memecahkan masalah MICRO SD yang tidak dapat di format :

1. Ambil microSD dari ponsel, dan pasang pada Card Reader.

2. Selanjutnya silahkan pasang card reader ke PC. Tunggu hingga proses baca device ( card reader anda selesai ). Jika sudah ada, silahkan lihat directory disknya. Misalnya Removable Disk (G:), atau yang lain.. pokoknya di cek’in deh

3. Setelah itu silahakan masuk ke command prompt, caranya pada windows lihat pojok kiri bawah tekan START >> RUN >> CMD lalu tekan ENTER

4. Kemudian ketik perintah seperti ini. FORMAT G:/ FS:FAT32

Catatan : hati hati pada saat men-format jangan sampai salah men-format disk drivenya… lihat yang berwarna merah, sesuaikan dengan directory disk drive micro sd anda lalu tekan ENTER, jika ada notifikasi lagi, silahkan ENTER sekali lagi dan, tunggu hingga proses format selesai. FAT32, adalah tipe yang umum digunakan pada memory ponsel. 

Yang perlu diperhatikan pada metode ini adalah mengetahui directory memory berada. terkadang bisa G, F, dan lain-lain. Jadi supaya tidak salah dalam memformat. Cara ini sama halnya memformat menggunakan diskpart yang bisa menjadi alternatif format dari windows explorer, hanya saja Saya menggunakan CMD dalam menyelesaikan masalah ini. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.


Semoga bermanfaaat dan Selamat mencoba


close